Beranda Rejang Lebong Untuk Melestarikan Adat Istiadat Pemdes Karang Baru Lakukan Sedekah Bumi

Untuk Melestarikan Adat Istiadat Pemdes Karang Baru Lakukan Sedekah Bumi

837
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Guna melestarikan kembali tradisi adat Isti adat di Desa Karang Baru Kecamatan Padang Ulat Tanding (PUT), Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu melaksanakan sedekah bumi, Rabu (1/11/2023).

Sedekah bumi atau cuci kapung dilakuan di mushola Al Hijaz yang di hadiri Saryono Kepala Desa, camat PUT Redo Krisyanto, perwakilan Kapolsek Koramil Kecamatan PUT, tokoh agama, BMA, ketua BPD dan masyarakat.

Cuci kampung ini tidak lain adalah membersikan kampung untuk menghidari marabahaya. Adat istiadat itu telah di lestarikan semenjak tahun 70 yang saat itu desa Karang Baru dipimpin Ginde Abu Sudin untuk menghindari kejadian yang luar nalar atau luar logika berkaitan dengan hal hal yang bebau mistis. 

Dalam pelaksanan itu pihak Pemerintah Desa terlebih dahulu menyaipakan beralatan yang akan digunakan dalam prosesi cuci kampung berupa sekapur sirih pinang, ayam punjung kuning, gulai ayam dan kambing, buah-buahan serta tepung setawar.

Usai dilakuan doa bersama wargapun melakukan tepung tawar di desanaya hal ini dilakuan dari pangkal dusun samapai ujung dusun agar dusun menjadi bersih.

“Alhamdulliah hari ini kita bersama dengan  masyarakat kembali melakukan sedekah bumi/cuci kampung merupakan adat istiadat kita,” ucap Saryono kepala Desa Karang Baru.

Menurutnya sedekah bumi ini terakhir di lakukan pada tahun 2019 lalu selaku pemerintah desa hal ini wajib dilestarikan, sebab acara ini  merupakan tradisi turun menurun. Dirinya tidak mengingikan budaya yang dulunya sering dilakukan oleh nenek moyang kita punah begitu saja.

“Rencana ke depan setiap tahunya akan kita lakauakan, supaya tradisi sedekah bumi tidak punah di Desa Karang Baru,” harap kades  

Sementara itu Keta Badan Musyawarah Adat (BMA) Amir Budin juga menyampaikan berharap kepada seluruh masyarakat dalam keadaan sehat. Ia juga mengingatkan agar selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Bagi yang ada usaha supaya rezekinya melimpah begitu juga dengan masyarakat yang memiliki kebun supaya hasil panennya banyak, begitu juga kepada pemerintah desa agar bisa amanah terhadap masyarakat desa karang baru,” ujarnya. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini