Beranda Musi Rawas, Lubuklinggau & Muratara Kesbangpol Lubuklinggau Hantarkan Keyla Azzahra Purnama Kibarkan Bendera di Istana Negara

Kesbangpol Lubuklinggau Hantarkan Keyla Azzahra Purnama Kibarkan Bendera di Istana Negara

116
0

Lubuklinggau, (Radar Lembak) – Setelah ditunjuk menjadi Tim Seleksi program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Lubuklinggau menuai pretasi yang membanggakan.

Prestasi tersebut diraih setelah sukses mengantarkan Keyla Azzahra Purnama, siswi kelas X-8 SMAN Lubuklinggau sebagai Paskibraka tingkat Nasional tahun 2023. (30/5/2023).

Kepala Kesbangpol Kota Lubuklinggau, Firdaus ABKY menyampaikan, pelaksanaan seleksi Paskibraka berdasarkan peraturan BPIP Nomor 3 tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Berdasarkan Peraturan Presiden tersebut, kata Firdaus ABKY, program kegiatan dan anggaran pembentukan Paskibraka dialihkan dari Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) kepada Badan yang membidangi ideologi yang menyelenggarakan urusan pemerintahan umum dalam ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di daerah.

Dikatakannya, pelaksanaan seleksi Paskibraka menggunakan sistem teknologi informasi atau aplikasi yang telah disediakan oleh BPIP.

“Berdasarkan pasal 19 ayat 1 PERBPIP nomor 3 tahun 2022, ada 3 metode yang digunakan dalam tahapan seleksi calon Paskibraka, yaitu tes berbasis teknologi informasi dan komunikasi, pengamatan fisik dan tes wawancara,” kata Firdaus.

Tahapan pelaksanaan seleksi, demikian Firdaus, diikuti sebanyak 618 (enam ratus delapan belas) siswa siswi yang diusulkan pihak sekolah di Kota Lubuklinggau dengan rincian 309 orang putra dan 309 orang putri.

“Setelah mengikuti serangkaian tes seperti kelengkapan berkas administrasi, seleksi kesehatan dan parade, seleksi PIP, tes wawasan kebangsaan, seleksi TIU,PBB, Samapta dan kepribadian, dari 618 peserta, tersisa 75 orng peserta yang dinyatakan lulus,” kata Firdaus sapaan kepala Badan Kesbangpol Lubuklinggau.

Dijelaskan, dari 75 orang tersebut tim seleksi memanggil 5 pasang (10 orang) untuk mengikuti seleksi utusan tingkat nasional dan provinsi selama 5 hari di hotel Swarna Dwipa Palembang yang diikuti utusan dari 17 kabupaten/kota se Sumsel.

“Alhamdulillah, yang lulus tingkat nasional ada 2 orang perwakilan Sumsel, satu orang dari Kota Lubuklinggau dan satu orang lagi dari Palembang,” ujar Firdaus seraya menambahkan untuk Paskibraka tingkat provinsi, kota Lubuklinggau ada 2 orang, yaitu Reva Jenisyah dan A Raja Halim Assyauqi. Keduanya siswa/siswi MAN 1 Model Lubuklinggau. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini