Beranda Rejang Lebong Adakan Musrenbang Pemdes Sukamarindu Tetapkan Program Kerja

Adakan Musrenbang Pemdes Sukamarindu Tetapkan Program Kerja

1267
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamarindu, Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI), Kabupaten Rejang Lebong (26/12/2023) melaksanakan Musyawarah Rencana Pembagauan Desa (Musrenbang Des).

Murenbang ini dilakukan untuk menetapkan program di tahun 2024 yang menggunakan Dana Desa (ADD) dan Angaran Dana Desa (ADD) serta menyusun kegiatan jangka pajang.

Kali ini Musrenbang diadakan di kediaman Saipul Anuar Kepala Desa Sukamarindu yang dihadiri Camat SBI Debi Jonson, Waka Polsek Kota Padang Ipda Wahyudi, perwakilan Koramil Kota padang, pendaping lokal desa (PLD) dan masyarakat.

Camat SBI Debi Jonson dalam pelaksanaan itu mengatakan tujuan dari musyawarah ini untuk menyusun program yang akan dikerjakan di tahun selanjutnya baik fisik atau non fisik. Dirinya yang pernah menjabat sebagai PJS Sukamarindu ini meminta agar warga menyampaikan aspirasinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Bangunan yang selesai di kerjakan di jaga dan dirawat supaya tidak cepat rusak,” katanya.

Saipul Anuar dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa sebenarnya pelaksanan Musrenbang Des ini dilaksanakan di balai desa namun hal itu tidak mungkin dilakukan karenakan kondisi politik di desanya masih sangat terasa, untuk menghindar hal-hal yang dapat merugikan pihak dirinya melaksanakan Musrenbang Des dikediamannya.

Di katakan kades bahwa Pemdes sudah banyak menerima masukan dan usulan dari masyarakat, dari kepala dusun (kadus) dan dari masyarakat. Di katakannya seperti melanjutkan pengerasan jalan yang sudah di buka tahun 2023, memperbaiki lantai jembatan, pembuatan sumur bor, lantai jemur, pembangunan balai desa dan pembukaan jalan ke arah keramat.

Selain itu masih dikatakan kades masyarakat juga mengusul sarana air bersih, pengadaan tenda dan kursi hajatan, pemberdayaan pelatihan perangkat desa, PKK, Posyandu, klompok tani. Sementara itu kadus 3 mengusulkan pembagauan irigasi desa, jalaan menuju pemandian umum, jalan gang, drainase, lantai jemur dan jembatan menuju talang dam.

Sedangkan Kadus 2 kata kades, mengusul agar membangun siring yang berada di belakang masjid dusun 2 sepamjang 100 meter, pengerasan jalan arah sungai Baras dan sarana olahraga.

“Semoga saja di tahun depan kita bisa merealisasikan semua usulan masyarakat, kami berjanji akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujarnya. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini