Beranda Rejang Lebong 338 Anak-Anak Paud dan TK Ikut Manasik Haji

338 Anak-Anak Paud dan TK Ikut Manasik Haji

796
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Sebayak 338 Anak Pendidikan Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak Kanak (TK) yang ada di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Sindang Beliti Ilir (SBI), Sindang Beliti Ulu (SBU), Kota Padang serta Kecamatan Binduriang mengikuti kegiatan latihan manasik haji, Kamis (5/10/2023).

Kegiatan tersebut diikuti 24 Paud dan TK yang dilakukan di Lapangan Pasar PUT, Kecamatan PUT, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu yang di pandu langsung oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) asal kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (Sumsel).

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran anak di usia dini sekaligus menjadikan edukasi bagi peserta didik,” ungkap Sumira, yang merupakan ketua panitia

Di jelaskan Sumira bahwa kegiatan tersebut untuk memperkenalkan anak-anak dengan rukun islam yang kelima supaya mereka mengenal dan mampu memahami bagai mana tatacara melaksanakan ibadah haji.

   

Selain itu Sumira juga menyampaikan peserta didiknya menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji. Anak-anak tersebut menurut Sumira begitu senang mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh tim KBIH asal kota lubuk Linggau.

“Beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh anak-anak diantaranya tawaf (mengelilingi ka’bah, kemudian melaksanakan sa’i dari bukit shafa ke bukit marwah dan sebaliknya, hingga umrah dengan adanya pelatihan manasik haji ini, berharap kepada anak-anak yang ada didalam wilayah Lembak bisa lebih mudah dalam mengenal dan memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji,” katanya.

Sementara itu Ratna Pertiwi salah satu pengurus Paud Tunas Bangsa asal Desa Tanjung Sanai I pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan manasik haji ini sangat baik bagi anak-anak usia dini agar mereka dapat memahami tata cara ibadah haji sejak kecil dan juga untuk menanamkan nilai dan norma ajaran islam.

“Kegiatan ini mampu melatih kesabaran, disiplin, bertanggung jawab atas diri sendiri, dan kemandirian,” terangnya. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini