Beranda Rejang Lebong Akibat Tak di Guyur Hujan Puluhan Hektar Sawah Milik Warga Desa Belumai...

Akibat Tak di Guyur Hujan Puluhan Hektar Sawah Milik Warga Desa Belumai I Alami Kekeringan

215
0

Rejang Lebong (Radar Lembak) – Hampir satu bulan tak di guyur hujan kawasan Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong propinsi Bengkulu membuat puluhan hektar sawah di blok Pagar Bulan, Desa Belumai I kekeringan, Sabtu (30/9/2923).

Hal ini diungkapkan Sopian (58) saat dihampiri dalam area sawah miliknya dirinya mengatakan kalau saat ini lahannya kekeringan bahkan kekeringan ini sudah lama terjadi. Menurut Sopian bahwa kekeringan ini sudah satu bulan lebih, bahkan lahan miliknya yang berukuran satu seperempat hektar, saat ini sudah mengalami kekeringan padahal padi miliknya baru berumur 3 hari dan dapat dipastikan bakal gagal panen.

“Coba lihat sendiri mas aliran air yang biasa mengalir di setiap irigasi, yang memasuk kedalam persawahan, kini tidak ada lagi sudah mengalami kekeringan, jadi sebagian warga mengalihkan tanaman dari padi ke jagung, kacang panjang, kates itu pun hasilnya tidak bagus sebab kekurangan pasokan air,” ungkapnya.

Diakui Sopian kekeringan ini hanya terjadi di blok Pagar Bulan, untuk area yang lainya masih banyak pasokan air. Menjadi hal yang wajar katanya kalau di sebagian sawahnya kekeringan sebab air yang biasa mengalir ke jaringan irigasi merupakan bagian yang terakhir belum lagi terdapat jaringan irigasi yang mengalami kerusakan.

Saat ini petugas dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) atau yang sejenisnya diminta untuk melihat langsung kondisi area persawahan milik masyarakat Desa Belumai ini, “untuk saat ini kalau saya belum bertemu petugas BPP yang mengecek lokasi, entah kalau dengan petani yang lain,” katanya. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini