Beranda Rejang Lebong Wujud Syukur dan Menyambut Tahun Baru Islam Masyarakat Desa Belumai II Sedekah...

Wujud Syukur dan Menyambut Tahun Baru Islam Masyarakat Desa Belumai II Sedekah Bumi

90
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Masyarakat Desa Belumai II, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Jumat (28/7/2023) melakukan sedekah bumi menyabut bulan suro serta tahun baru Islam.

Acara yang berlangsung di balai desa ini di hadiri Camat PUT Redo Krisyanto yang juga merupakan Pjs Kepala Desa Belumai II, Sekretaris Desa, Panggi Hartanto, Ketua Adat, Sabarudin, tokoh agama, ketua BPD dan masyarakat.

Sedekah bumi ini merupakan agenda rutin yang sering di lakukan oleh masyarakat desa Belumai II. Semenjak tahun 1978 masyarakat sudah melakukannya yang merupakan bentuk rasa syukur masyarakat berkat hasil bumi yang cukup baik dan ditambah lagi kondisi desa yang aman dan tentram setelah usai pelaksanan pilkades.

“Alhamdulillah sampai sekarang masih tetap kita lestarikan dan hadapan kita ini ada berbagai macam makanan yang sengaja di bawak dan disajikan masyarakat, ada yang membawa nasi kuning, ada juga yang membawa nasi putih, buah-buahan, sayuran dan nantinya dimakan bersama,” jelas Sabarudin.

Selain itu dirinya juga berharap, mudah mudahan apa yang sudah di lakukan ini dapat membawah masyarakat hidup rukun dan damai dan jauh dari malah petaka serta hasil panen yang berlimpah.

Ditempat yang sama Redo Krisyanto yang didampingi Panggi Hartanto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah berpartisipasi untuk pelaksanaan sedekah bumi ini dan menyambut tahun baru islam.

“Semoga adat ini nantinya selalu di lestarikan, sebab Pemerintah desa bisa menganggarkan kegiatan ini melalui Dana Desa karena ini merupakan adat istiadat bagi masyarakat desa Belumai II, yang harus di kembangkan,” kata camat. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini