Beranda Musi Rawas, Lubuklinggau & Muratara Perdana, Lubuklinggau Jadi Tuan Rumah Rakor Frokopimda Se Sumatera Selatan

Perdana, Lubuklinggau Jadi Tuan Rumah Rakor Frokopimda Se Sumatera Selatan

131
0

Lubuklinggau, (Radar Lembak) – Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Rakor Frokopimda) Propinsi Sumatera Selatan, perdana akan dilaksanakan di Kota Lubuklinggau. Rabu (26/10/2022).

Pelaksanaan Rakor Frokopimda ini dilaksanakan untuk membahas tentang persiapan pelaksanaan pemilu tahun 2024, yang akan berlangsung di Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau pada 1 November 2022 mendatang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Lubuklinggau Firdaus ABKY menyampaikan, bahwa Rakor Frokopimda ini biasanya dilaksanakan di Provinsi dan tahun ini merupakan tahun perdana dilaksanakan diluar Propinsi Sumatera Selatan dan tentu saja kenapa ini bisa terjadi karena kami menyampaikan surat permohonan kepada gubernur Sumatera Selatan agar kiranya program-program yang ada di Provinsi Sumatera Selatan itu dilaksanakan di daerah-daerah.

“Pak Gubernur merespon itu dan pada waktu itu kami diterima audiensi oleh Gubernur Sumatera Selatan dan ia menyambut baik pelaksanaan Rakor Frokopimda yang akan dilaksanakan di Kota Lubuklinggau,” kata Firdaus.

Kemudian disampaikannya, bahwa proses yang sudah dilalui untuk pelaksanaan rakor ini, dimulai pada bulan april dan sudah 3 kali melakukan penjadwalan tapi ditunda dan pada akhirnya pak gubernur melaui Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan memantapkan jadwal pelaksanaannya pada 1 November 2022 dan dilaksanakan di Ball Room Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau.

Dalam rangka mensukseskan acara ini pemerintah kota melaui Kesbangpol Kota Lubuklinggau, sudah dimantapkan kepanitiaan untuk membagikan tugas-tugas kepada seluruh OPD di Kota Lubuklinggau.

“Alhamdulillah kemarin rapat sudah selsai karena walikota sedang melakukan cek up di jakarta jadi rapat langsung dipimpin oleh Sekda Kota Lubuklinggau, mengingat pentingnya acara ini walikota melaui via zoom metting menyampaikan arahan, karena yang bakal hadir dalam acara tersebut Frokopimda Se-Sumatera Selatan termasuk Frokopimda Provinsi Sumatera Selatan dan agar panitia merencanakan, menyiapkan kemudian menyambut tamu-tamu yang bakal hadir dan memberikan yang terbaik untuk para tamu yang hadir di Kota Lubuklinggau,” ungkapnya.

Kemudian Firdaus ABKY juga menjelaskan tentang mekanisme acara, nantinya pada pelaksanaan rakor ada narasumber, karena tema kegiatan ini Sinergitas Antar Frokopimda se-Sumatera Selatan dan Kabupaten Kota Dalam Menghadapi Pemilihan Presiden dan Pilkada Serentak tahun 2024 di Sumatera Selatan, sehingga yang menjadi narasumber ada dua yang pertama narasumbernya dari KPU Propinsi Sumatera Selatan dan yang kedua dari Bawaslu Proponsi Sumatera Selatan.

Sementara frokopimda dari sumatera selatan yang terdiri dari 11 orang ini mereka sebagi pembahas setelah dari paparan KPU dan Bawaslu 11 frokopimda ini menyampaikan bahasan-bahasan terkait apa yang sudah disampaikan

Selain itu peserta yang akan mengikuti rakor tersebut adalah seluruh frokopimda se-Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan kalau memang rujukannya pada PP No 12 Tahun 2022 berarti frokopimda masing-masing Kabupaten/Kota ada 5 orang, pertama Bupati atau Walikota, kemudian Kajari, Ketua DPR, Kapolres, Dandim dan semua instansi vertika yang ada di Kota Lubuklinggau akan kita undang untuk menjadi peserta dan OPD yang hadir pun sebagai peserta ada 3, Disdukcapil, Bappeda dan Kesbangpol dan ada beberapa BUMNI dan BUMD su-Sumatera Selatan yang bakal diundang pada acara tersebut.

Untuk keberlangsungan cara tersebut Pemerintah Kota Lubuklinggau melakukan pemetaan untuk pasilitas penginapan untuk Frokopimda Provinsi yang akan menginap kita fasilitasi tempatnya, untuk frokopimda Kabupaten/Kota kita lakukan pemetaan juga tapi tanggung jawab terhadap ini tentu diserahkan kepada daerah masing-masing dan itu sudah kita sampaikan kepada Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan.

Pada pelaksanan, kita akan melaksanakan
Live Streaming karana nanti akan ditonton masing-masing daerah dan kita akan berkoordinasi dengan Diskominfo Kota Lubuklinggau.

Berlangsungnya acara ini, kami berharap semua pihak terutama kepada OPD yang ada di Kota Lubuklinggau untuk sama-sama mendukung dan mensukseskan acara ini sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar, sukses dan tentu akan menjadi tuan rumah yang baik.

“Kita akan memberi pelayanan yang baik sesuai dengan batas kemampuan yang kita miliki,” sampainya. (Mawid)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini