Beranda Rejang Lebong Atasi Persoalan Air Bersih, Warga Desa Lawang Agung Ungkapkan Terimakasih Kepada TNI

Atasi Persoalan Air Bersih, Warga Desa Lawang Agung Ungkapkan Terimakasih Kepada TNI

657
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Komandan Kodim (Dandim) 0409, Kabupaten Rejang Lebong Letkol Inf Mochammad Renaldy Herbowo, S,Sos, M,Si melakukam peninjauan pembanguan sarana air bersi melalui program TNI Menungal Air Bersi yang berada di aliran sungai Tak Tung Desa Lawang Agung, Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu, Jumat (20/10/2023).

Peninjauan Pembagunan menungal air bersih oleh Dandim Rejang Lebong ini di dampingi Bati Tuud Serma Bento Hernadi, Koramil 409-03, Kecmatan Padang Ulak Tanding (PUT), Camat SBU dam kepala Desa Lawang Ggung.

Dandim 0409  Rejang Lebong Letkol Inf Mochammad Renaldy Herbowo menyampaikan bahwa dirinya telah makukan peninjauan pembanguan sarana air bersi yang berada di Kecmatan SBU. Ia sudah melihat proses pembanguan sarana air bersih yang sebentar lagi selsai dikerjakan, saat ini menurutnya sudah mencapai 50 persen, pemasangan pipa besi dan bak penampungan selsai dikerjkan.

“Nantinya air ini kita bikin sekian rupa, air yang bersumber sungai Tak Tung ini, kita alirkan ke bak penampung, lalu di alirkan ke tedmon serta distribusikan kepada warga yang ada di desa Lawang agung ini,” kata Dandim.

Selain itu, Dandim juga menjelaskan bahwa proses pembanguan sarana tersebut pihakanya sengaja membawaa tim hali dari mabes TNI Angkatan Dara (AD) untuk menjadi tenaga hali dalam pembanguan yang di lakukan non tenaga listrik serta BBM melainkan menggunakan tenagah alam.

Di sampaikannya, ini merupakan kali pertama melakukan pembangunan sarana air bersih di daerah Kabupaten Rejang Lebong. Sebelumnya ada dua titik Kecamatan yang telah di ajukan, Kecamatan Kota Padang dan Kecamatan SBU dari kedua Kecamatan tersebut hanya Desa Lawang Agung Kecamatan SBU yang mempunyai sumber air yang bagus serta masyarakatnya siap untuk membatu membaguan TNI Menungal Air Bersih.

“Saat ini kita semua tau bawah sedang mengahadapi musim kemarau, jadi warga yang ada di Dusun 4 dan 5 ini  sangat sulit sekali mendapat air bersih untuk di konsumsi, dengan adanya bangunan Menungal Air Bersi, diharapkan bisa membatu masyarakat yang ada di Kecamatan SBU, ke depannya mereka tidak perlu lagi mengambil air yang jaraknya begitu jauh, mudahan bagunan ini cepat selesai warga pun bisa menikmati air bersi yang kita bangun ini,” ujarnya.

Sementara itu Kades Lawang Agung Adi Bin Selamat juga menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada pihak Dandim Rejang Lebong telah membatu membangun Sarana Air Bersi melalaui program Menungal Air Bersih yang berada di dusun 4 dan dusun 5 Desa Lawang Agung.

Di ungkapkan Adi Bin Selamat 36 ada Keapala Kelurga (KK) dengan jumlah penduduk hampir ratusan jiwa ke depan bisa menikmati air bersih ini.

“Sebelumnya warga di sini mengambil air bersih sangat jauh dengan jarak 7 km lebih, mereka mengambil air dari bocoran air PAM milik Pemerintah Daerah (Pemda),” kata Kades.

Selain itu Kades juga mengungkapkan kalau di dusun tersebut sangat sedikit yang memiliki sumur, hanya ada berapa rumah saja sebagainya mengabil air di sungai atau PAM yang ada di dalam Dusun I Desa Lawang Agung.

Di tempat yang sama Ruslan warga Desa Lawang Agung menyebutkan rasa syukurnya karena telah di banguan sarana air bersih. Dirinya sangat berterimakasih kepada TNI khusunya Dandim 0409 karena telah memberi solusi untuk masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih kapada TNI, mudah mudahan kedepannya ananti warga yang ada di lingkungan dusun 4 dan dusun 5  tidak kesulitan lagi mendapat air bersih,” ucapnya. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini