Beranda Rejang Lebong 468 Anggota PPS di Kabupaten Rejang Lebong Dilantik 

468 Anggota PPS di Kabupaten Rejang Lebong Dilantik 

139
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong melantik 468 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilu tahun 2024.

Pelantikan berlangsung di Gedung Adam Futsal, yang langsung dihadiri bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi. Selasa (24/1/2023)

“Dari 468 anggota PPS terpilih yang lantik hari ini 60% adalah wajah baru, dan 40% sisanya wajah lama. Jadi intinya dengan adanya 60 dan 40% itu bahwa komunikas dan koordinasi akan cepat, jadi tidak ada masalah wajah lama dan baru,” kata ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo.

Dirinya menjelaskan, anggota PPS terpilih dari 156 desa dan kelurahan tersebar dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut sebelumnya dinyatakan lulus seleksi administrasi, kemudian seleksi tertulis dengan sistem CAT dan wawancara.

Diketahui anggota PPS yang sudah dilantik ini, langsung bertugas di Desa/Kelurahan masing-masing, di mana beberapa hari ke depan mereka akan melaksanakan penyusunan daftar mata pilih.

“Tugas mereka yakni melakukan pemetaan dan ke depan kami juga akan melakukan rekrutmen petugas pendaftaran pemilih atau Pantarlih, dan mereka juga akan dilibatkan dalam perekrutannya,” jelas Restu.

Menurut Restu S Wibowo, dalam proses perekrutan PPS di Kabupaten Rejang Lebong ini sebelumnya ada beberapa tanggapan masyarakat terkait domisili anggota PPS terpilih dari Kelurahan Dusun Sawah, Kecamatan Curup dan telah mereka klarifikasi karena pendaftarannya melalui SIAKBA dan alamatnya sesuai dengan KTP serta dokumennya dinyatakan sudah lengkap.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi menyampaikan anggota PPS yang dilantik kali ini merupakan anggota PPS yang terpilih, sehingga suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 juga ada di tangan anggota PPS yang menjadi perpanjangan tangan KPU. 

Dia mengharapkan anggota PPS dan penyelenggara pemilu di daerah itu agar dapat mengedepankan netralitas dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

“Pemilu 2024 dapat berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia atau Luber, menghasilkan pemilu yang berkualitas,” kata Bupati (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini