Beranda Rejang Lebong Pemdes Periang Adakan Musrenbang Des Ini Usuan yang Sudah di Tetapkan

Pemdes Periang Adakan Musrenbang Des Ini Usuan yang Sudah di Tetapkan

293
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Pemerintah Desa (Pemdes) Priang, Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI), Kabupaten Rejang Lebong melakukan Musyawarah Rencana Pembagauan Desa (Musrenbang Des), Rabu (13/12/2023)

Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyusun program pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) serta anggaran usulan APBD Kabupaten dan ABPN dan anggaran APBD Propinsi Bengkulu tahun 2024 mendatang.

Musrenbang Des ini, mengabil tema dengan semangat Musrenbang Des kita wujudkan masyarakat sejahtera yang dilaksanakan di balai desa. Turut hadri mulai pada kagiantan itu Debi Jonson Camat SBI, pihak Koramil, Waka Polsek klKota Padang, pendamping desa, ketua BPD dan masyarakat yang turut menyaksikan

Usaman Kadir kepala desa Periang mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir. Dirinya berharap kepada masyarakat agar menyampaikan aspirasi/usulan yang nantinya akan di prioritaskan.

“Warga silakan mengusul apa yang menjadi kendala di desa, baik itu fisik maupun non fisik, pada intinya kita bersama-sama membaguan desa yang kita cintai ini agar maju lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut kades mengatakan sebelumnya pihak Pemdes terlebih dahulu sudah melakukan Musyawarah Tingkat Dusun (Musdus) guna mendengar apa yang menjadi usulan dari masyarakat.

Setelah musyawarah, forum tersebut telah menyepakati usulan warga dalam kurun waktu selama 6 tahun. Mulai dari bidang pemerintah, sarana dan prasarananya, jalan rabat beton, penambahan tiang listrik, tugu batas, drainase, sarana air bersi, jamban warga, lantai jemur, pembagunan pendopo di makam umum, pembagauan jalan lapen dan gedung serba guna.

Selain itu mereka pun juga menetapkan, badan usah milik desa (BUMDES), embung desa, pengembangan objek wisata, plang penunjuk arah, rehab jalan milik kabupaten yang menghubungkan desa Lubuk tunjung dan desa Lubuk Bingin Baru, pembagaun bronjong, jalan pemandian, jembatan gantung, pengembangan seni budaya, pengembangan usaha ayam bertelur, penambahan lampu jalan, tempat pembuangan sampah, pembukan jalan baru, sarana olahraga, masalah pertanian serata pembangunan pos kamling.

“Untuk jalan penghubung desa dan jembatan akan kita usulkan kepada pihak kabupaten Rejang Lebong melalui APBD tahun 2024 yang panjangnya 3km,” kata kades.

Sementara itu Debi Jonson juga menyampaikan bahwa tujuan dari Musrenbang Des ini tidak lain ingin membangun desa ini agar lebih baik lagi.

Sebelumnya, dirinya pernah menjabat sebagai PJS Desa Priang ada berapa bangunan yang sudah di kerjakan seperti pasangan lampu jalan, rehab balai desa, pembaguan plat duiker. Ia berharap bagian yang sudah dikerjakan dirawat dan dijaga.

“Untuk Pemdes agar pembagauan di desa ini di bagi rata, sebab desa ini terdapat dua dusun,” pesan Camat. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini