Beranda Rejang Lebong Pemdes Merantau Sukses Adakan Musrenbang dan Pembagian BLT-DD

Pemdes Merantau Sukses Adakan Musrenbang dan Pembagian BLT-DD

364
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Pemerintah Desa Meranatau Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI), Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan Musyawarah Rencana Pembagauan Desa (Musrenbang Des) untuk menyusun program yang menggunakan Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2024 serta program jangka panjang, Senin (18/12/2023).

Musrenbang Des ini dilaksanakan di kediaman Herman kepala Desa Merantau yang dihadiri Waka Polsek Kota Padang, Koramil kota Padang, Pendaping Desa, ketua BPD dan warga yang turut menyaksikan.

Debi Jonson camat SBI yang di wakili Kasi P3U menyampaikan bahwa musrenbang merupakan forum untuk menyampaikan aspirasi dan usulan. Dirinya meminta kepada waraga mengajukan usulan baik berbentuk fisik mau pun non fisik.

“Silakan warga untuk mengajukan apa yang akan dibangun baik itu yang berbentuk fisik mau pun non fisik, jangan malu-malu, mari kita bersama bermusyawarah dan berembuk guna memajukan desa Merantau,” sampainya.

Dalam kesempatan itu Herman menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah memberikan amanah dan mempercayainya untuk memimpin desa kedua kalinya.

Sebelum melaksanakan Musrenbang dirinnya bersama perangkat desa telah melakukan Musyawarah Dusun (Musdus). Ia pun meminta kepada warga untuk mendukung semua program yang akan dilaksanakan baik berbentuk fisik maupun non fisik.

“Sama-sama kita mendukung program yang nantinya akan kita tetapakan demi kemajuan kita bersama,” ucapnya.

Setelah bermuyawarah ada berapa poin usulan masyarakat yang telah disepakatai peningkatan kegiatan karang taruna, program PKK, posyadu, pembetukan Bumdes, rehab kantor desa, pengadaan baju seluruh perakat desa dan pengadaan bendera merah putih.

Pendidikan usia dini, pembutan bak penampung sampah, sarana air bersi, pengadaan lampu jalan, pembangunan pos kamling, WC umum, bedah rumah, pengadaan KWH, lajutan BLT, batuan lansia, mesin rumput, pengadaan armada untuk perangkat desa, pembangunan jalan lapen, rabat beton, JUT, pembukan jalan baru, plat duiker, tuguh batas, drainase dan pengadaan CCTV.
 
“Utuk jalan penghubung antara kecamatan dengan kantor camat Sindang Beliti Ulu, (SBU) yang panjangnya 8km lebar 3m akan kita usulkan di tingkat kabupaten yang mengunakan Dana APBD,” ujarnya.

Usai melakukan Musrembang Des Pemdes Merantau menyalurkan Batuan Lansung Tunai (BLT) tahap ke empat bulan Oktober, November dan Desember tahun 2023. 

Disampaikan Herman ada 40 Kepala Penerimaan Mempaat (KPM) yang mendapat BLT satu KPM  menerima bantuan Rp 900,000. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini