Beranda Berita Terbaru Pemdes Lubuk Tunjung Lakukan Musrenbang Des Untuk Prioritas Pembangunan

Pemdes Lubuk Tunjung Lakukan Musrenbang Des Untuk Prioritas Pembangunan

391
0

Rejang Lebong (Radar Lembak) – Pemerintah Desa Lubuk Tunjung Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI), Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan Musyawarah Rencana Pembagauan Desa (Musrenbang Des) tahun anggaran 2024.(21/12/2023)

Musrenbang Des ini dilaksanakan di kantor desa lubuk Tunjung yang dihadiri Waka Polsek Kota Padang, IPDA Wahyudi, Koramil Kota Padang, ketua BPD dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Harwani Kepala Desa Lubuk Tunjung menjelaskan musrenbang Des yang dilakukan oleh Pemdes ini tidak lain untuk menyusun program pembangunan tahun 2024 dan sekaligus menyusun program kerja jangka panjang.

Dalam kesempatan Harwani menawarkan kepada seluruh masyarakat agar dapat mengusulkan apa saja yang nantinya akan di bangun. Dirinya mengingatkan bangunan yang diusulakan harus benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tadi kita sudah mendengar apa yang telah di samapaikan masyarakat, nanti akan kita tetapkan apa yang akan menjadi prioritas pembangunan tahun 2024 dan program dalam jangka panjang. Semua usulan warga sudah kita tampung dan kita catat ini menjadi PR bagi kami untuk mengabulkan permohonan warga,” sampai Kades.

Lama bermusyawarah baik itu pengunaan Dana Desa (DD) Angaran Dana Desa (ADD) serta usulan kepada pihak Kabupaten Rejang Lebong dan propinsi bengkulu.

Ada beberapa usulan yang disampaikan oleh masyarakat diantaranya Kepala Dusun I (Kadus I) mengusulakan pembangunan siring, lantai jemur, jalan rabat beton sarana air bersi, pengembangan sawah, jaringan irigasi, pembangunan jaringan internet, sumur Bor, Wc Umum penabahan tiang listrik.

Sementara itu Kadus II juga mengusulkan pengadaan sertifikat tanah rumah, pendanaan baju seragam perangkat desa, pelatiahan untuk perangkat desa, pemilirahan lingkungan desa, pengadan tenda serta alat yang lainnya, pengadan lampu jalan di setiap gang, drenase sepanjang 500 meter, peningkatan jalan pertanian, pos kamling sebayak 3 unit, sarna olahraga, bak pembuangan sampah rumah tangga, pengadaan armada pengangkut sampah, penigkatan bidang pertanian, pengembangan Badan Usah Desa (BUMDES).

Selain itu Kadus III memberi usulan sarana air bersi yang berada di depan masjid, jalan rabat beton, drainase, sarana pertanian dan pengembangan peternakan, pembagunan embung desa, pendidikan tingkat Paud dan pengikatan di bidang agama untuk ibu-ibu. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini