Beranda Rejang Lebong Pemdes Belumai 2 Sukses Selsaikan Kegiatan Fisik Non Fisik DD dan ADD...

Pemdes Belumai 2 Sukses Selsaikan Kegiatan Fisik Non Fisik DD dan ADD Tahun 2023

437
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Pemerintah Desa (Pemdes) Bulumai II, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong (29/12/2023), menyelsaikan seluruh kegiatan fisik maupun non fisik yang mengunakan angaran Dana Desa (DD) dan  Angaran Dana Desa (ADD) tahun 2023.

Kasmiyati Kepala Desa Belumai II menyampaikan Pemdes bersama dengan masyarakat telah menyelesaikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan Penggunaan angaran DD dan ADD.

Di sampaikannya bahwa kegiatan fisik berupa pengerasan Jalan Usaha Tani (JUT) yang berada di dusun II dengan 700 m dan lebar 3 meter selsai dikerjakam. Selain itu 10 pembagunan plat duiker dan pembangunan drainase di pemukiman warga juga selsai dikerjakan.

“Kemarin Pemdes bersama dengan tim Kecamatan PUT melakukan opname kegiatan fisik tahap tiga yaitu tembok penahan tana (TPT) dan jalan rabat beton,” ujar Kades.

Lanjutnya, selain usai mengerjakan seluruh kegiatan fisik, Pemdes juga telah selesaikan penyaluran Batuan Lansung Tunai (BLT). Saat pembagian ada 79 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Di katakanya setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp 300,000 (satu bulan).

“Pemdes dalam kesempatan itu membagikan BLT selama tiga bulan sebesar Rp 900,000 yang mengunakan angaran DD,” kata Kades.

Sementara itu Kades juga menjelaskan Angaran Dana Desa (ADD) tahun 2023 tidak ada kegiatan fisik. selain meyelesaikan program di tahum 2023 Pemdes Belumai II telah merampungkan silpa ADD dan DD tahun 2022 seperti pengadaan bibit untuk masyarakat dan pembuatan terali besi balai desa.

Perlu diketahui kata Kades, semua program fisik dan non fisik tahu ini itu merupakan program hasil Musrenbang Des yang dilakukan oleh Pemdes sebelumnya. Di sebutkannya Pemdes yang di lantik agustus lalu hanya meneruskan kegiatan yang sudah disepakati oleh masyarakat.

“Kepada warga agar dapat merawat dan menjaga semua bangunan yang telah selsai dikerjaka, kalau bukan kita siapa lagi yang merat dan menjaganya,” pesan Kades.

Dalam kesmpatan yang sama ia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Kecamatan, Koramil, Polsek PUT, Pendaping Lokal Desa (PLD), Pendaping Kecamatan, dan masyarakat telah mendukung sepenuhaya sehingga  semua kegiatan dengan lancar. (Mawid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini