Beranda Hukum & Kriminal Manfaat Pijat Kaki Untuk Mengatasi Sulit Tidur pada Wanita Menopause

Manfaat Pijat Kaki Untuk Mengatasi Sulit Tidur pada Wanita Menopause

114
0

Saat seorang wanita mengalami menopause atau henti haid, produksi hormon estrogen akan menurun drastis.

Perlu Anda ketahui, turunnya kadar estrogen tak hanya menyebabkan hot flashes, kekeringan vagina, berkurangnya gairah, dan kualitas seks.

Selain itu, saat menopause para wanita juga dapat mengalami insomnia atau gangguan tidur lainnya.

Seseorang yang kurang tidur berisiko mengalami rasa lelah yang berkepanjangan dan cenderung kurang bertenaga dalam menjalani aktivitasnya.

Kurang tidur juga mengakibatkan wanita di atas 50 tahun mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, dan perubahan suasana hati.

Manfaat Pijat Kaki Pada Wanita Menopause

Ketika merasa lelah, wanita lanjut usia (lansia) yang sudah menopause, mungkin berpikir untuk mendatangi pusat reflexology atau memanggil tukang pijat ke rumah.

Menariknya, refleksi atau pijat khususnya di area kaki dapat memberi manfaat signifikan untuk meredakan kelelahan di masa menopause.

Menurut penelitian yang diterbitkan JAN (Journal of Advanced Nursing) pada 2020, refleksi kaki bermanfaat dalam mengatasi gangguan tidur pada wanita yang mengalami henti haid.

“Beberapa waktu belakangan ini, penelitian hanya menunjukkan bahwa pijat membantu meringankan rasa sakit kronis seperti nyeri radang sendi.”

“Kini, studi baru menunjukkan manfaat pijat kaki dalam mengatasi gangguan tidur, kecemasan, dan kelelahan pada wanita menopause,” begitu bunyi penelitian tersebut.

Perlu Anda ketahui, penelitian melibatkan 70 partisipan wanita yang sudah menopause di sebuah desa di Turki Utara.

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, satu grup mendapat tugas eksperimen, sementara lainnya kelompok kontrol.

Kelompok eksperimen mendapat layakan pijat kaki 20 menit (masing-masing kaki 10 menit) sekali setiap hari selama sepekan. Sementara, kelompok kontrol tidak menerima layanan tersebut.

Hasilnya, wanita menopause dalam kelompok eksperimen mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan pengurangan gangguan kecemasan. Mereka bahkan dapat tidur satu jam lebih awal, dibanding kelompok kontrol.

Para peneliti lantas merekomendasikan pijat kaki sebagai metode pengobatan alternatif selain farmakologis dalam mengobati keluhan menopause, seperti kecemasan, kelelahan, dan gangguan tidur.

Cara Memijat Kaki Tanpa Bantuan Terapis

Pada penelitian yang dilakukan di Turki Utara, para pemijat atau terapis menggunakan teknik tekanan ibu jari, gerakan mengusap, menepuk, menggosok, dan meremas. Jika Anda ingin mencoba memijat kaki sendiri tanpa bantuan terapis, berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan:

1. Putar pergelangan kaki anda.
2. Gosok bagian bawah kaki anda dari ujung kaki ke tumit dengan gerakan yang kuat.
3. Lakukan peregangan. Anda bisa meregangkan jari – jari kaki ke belakang, kemudian dengan tangan lain, tepuk telapak kaki dengan lembut.
4. Tekan ibu jari ke bagian bawah tumit anda, lalu tekan ke atas, kemudian tarik ke luar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini