Beranda Rejang Lebong BPSIP Propinsi Bengkulu Tinjau Lokasi Jenis Durian Varietas Unggulan di Kecamatan PUT

BPSIP Propinsi Bengkulu Tinjau Lokasi Jenis Durian Varietas Unggulan di Kecamatan PUT

516
0

Rejang Lebong, (Radar Lembak) – Tim Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Propinsi Bengkulu bersama dengan tim Kerja di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkuly (11/10/2023) meninjau jenis durian varietas unggulan yang ada di Kecmatan PUT.

Indentifikasi jenis durian lokal ini di pimpin langsung oleh Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Bengkulu  Dr Dedy Irwandi, SPi, MSi yang di dampingi langsung Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong Ir Zulkarnain, MT, Kabid Holtikultura dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Erry Siagian MSi.

Ada empat lokasi kebun  durian milik warga yang berada di Kecamatan (PUT)  telah dilakukan indentifikasi jenis durian unggul lokal sebanyak tuju macam.

Antara lain durian isi berwarna merah darah, jenis durian isi warna pink, jenis durian isi warna oren, jenis durian isi warna merah pok, jenis durian isi warna kuning kunyit, jenis durian isi yang tidak memiliki biji.

Indentifikasi durian varietas unggul lokal yang dilaksankan oleh BPSIP Bengkulu bersama warga pemilik pohon durian di empat lokasi di kecamatan Padang Ulak Tanding.

Menurut kepala BPSIP Bengkulu Dedy Irwandi langka indentifikasi yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk tanggapan dari pemerintah atas permohonan dari masyarakat dalam rangka mengangkat varietas unggul Lokal jenis Durian yang ada di wilayah Lembak

“Jika ditemukan tanaman durian jenis unggul lokal yang langka di kemudian hari dapat di kembangkan lebih banyak lagi agar varietas unggul lokal yang memiliki keunikan tersendiri supaya taman ini tidak punah serta di pelihara terus oleh pemilik kebun,” katanya.

Selanjutnya Dedy Irwandi  menjelaskan bahwa indentifikasi yang dilakukan hari ini baru tahap pertama, dan masih ada beberapa tahap lagi sampai pada saat durian itu dapat membuktikan bahwa benar yang di indentifikasi 

“Tahapan selanjutnya  akan dilakukan pengecekan bunga durian tersebut sebab hari ini tim BPSIP baru memeriksa putik,daun dan batang nya saja,” ujarnya.

Lebih lanjut dia juga menyampaikan kepada pemilik pohon durian agar dapat selalu mengawasi pohon durian  miliknya serta  dapat menginformasikan kepada BPSIP jika nanti durian tersebut telah mengalami perubahan dari putik menjadi bunga, serta sudah siap di panen.

“Melalaui Lembaga Swadaya Masyarakat Pekat yang ada di Bengkulu atau kepada pihak penyuluh pertanian yang ada dalam kecmatan PUT,” sebutnya

Sementara itu LSM Pekat Ishak burmansyah membenarkan kalau baru-baru ini ada tim dari BPSIP Propunsi Bengkulu telah melakukan pengecekan terhadap pohon durian unggulan yang ada di Kecmatan PUT.

“Mudah-mudahan hal ini membawa berkah bagi petani durian yang ada di wilayah Lembak, natinya durian dari Lembak ini akan kita jadikan buah unggulan di tingkat nasional,” harap Bur Adam. (Mawit)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini